Template by:
Free Blog Templates

Senin, 28 November 2011

To be Mangaka

Nah...buat para penggemar manga,anime dan All about Otaku yang tertarik membuat karakter original-nya sendiri , terutama bagi kamu-kalian yang berpotensi membuat komik yang bercita-cita akan diterbitkan (maybe some time).
Tentunya kamu-kamu sekalian haruslah memiliki daya imajinasi super-duper tinggi . Imaji adalah unsur paling pokok dalam menggambar karakter. Bagi yang imajinya masih lower, banyak-banyakin browsing dan nyari informasi mulai sekarang . Kalian juga bisa mencari ide-ide dengan cara bertanya atau mungkin bersemedi, alhasil akan masuk sinyal-sinyal ilham dari Tuhan . Wuaah...kereen.
Karakter yang kalian gambar tentunya bervariasi, bagi pemula...cari aja yang mudah dan sesuai keinginan kalian.
Karakter terdiri dari 2 aliran, yakni fiksi (imajinatif) dan nonfiksi (realis) . Untuk manga jelas akan merujuk pada aliran fiksi . Mulai dari variasi bentuk kepala,rambut,wajah,sifat karakter,ekspresi (normal & chibi), kostum hingga aksesori . Dalam menggambar karakter manga tidak memiliki tingkat kesulitan seperti karakter nonfiksi. Contohkan aja Marvel, penerbit komik superhero di USA tersebut memiliki banyak keunggulan dalam penggambaran karakternya .
Tapi, justru manga-lah yang sampai sekarang ini masih banyak diminati . Selain tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi, kita masih dapat memberikan ekspresi dan kesan manis . Yang paling banyak terlihat pada penggambaran karakter manga adalah bentuk mata mereka yang besar,hidung kecil,mulut tipis, rambut tebal dan postur tubuh kecil . Hampir mirip dengan karakter Chibi .  
Style manga seperti ini sangat bejibun kalau kalian cari di komik-komik Shoujo .Eits...tapi juga ada kok di komik Shonen . Shaman King . Nie komik masuk versi komik Nostalgia . Kalau baca langsung ngakak ding XD. Jadi pengen baca lagi...
Untuk profesional mangaka ( seperti aku...amien...), penggambaran karakternya jelas punya unsur sedikit nonfiksi . Mungkin hanya bentuk mata dan rambut mereka yang di buat bervariasi . Contoh komiknya kayak Naruto,Air Gear,Bleach,Full Metal Alchemist,Death Note,Bakuman dan masih buaaanyak yang laen...
Aneka gambar tersebut juga sering dibahas oleh fan's RPG (Role Playing Game ) dan non human characters .
Menggambar manga yang baik n apik bukan dari hasil akhir gambarnya, tapi dari bagaimana imaji seseorang tersebut bekerja . Dan hasil imaji tersebut dituangkan dalam wadah yang kita sebut "Kertas" dengan cara mengalir dalam sebuah konduktor yang kita sebut "Isi Pensil" . Pengalaman, saat kehabisan isi pensil, aku langsung lari ke warung deket rumah dan beli bulpoin gambar . Yaaah...akhirnya gambarku sama sekali nggak jelas buat dimengerti . Bahkan aku udah lupa saat itu mau nggambar karakter kayak apa (curhat dikit).
Di Indonesia sudah banyak variasi manga yang diterbitkan, begitu juga style karakternya . Kamu-kalian bisa mencari dari seluruh jenis komik-komik tersebut, mana yang style gambarnya sesuai dengan style gambar kamu .
Juga banyak buku yang isinya cara-cara dan tips-tips cepat menggambar manga dan cara untuk mengembangkannya . Tapi, menurut pengalaman pribadi nih...mendingan langsung aja ke TKP. Dan menggambar apapun selagi kamu terus berpikir bagaimana style gambar kamu . Karena style gambar kamu pasti berbeda dengan orang lain .
Dan jangan cuma nyontek gambaran orang lain, kalau kalian terus nyontek nggak bakal bisa berkembang, malah kemampuan otak kalian untuk berimajinasi jadi semakin kecil . Apalagi kalau yang namanya nge-blat . Wuiih...dosa besar . Udah copas, hasil gambar kalian cuma coretan fotokopi tangan kamu-kalian-sekalian . Daripada nggambar, mending buka aja fotokopi-an manual .
Percuma kalau kalian nggambar dengan cara seperti itu . Cita-cita kalian yang udah setinggi langit, langsung terjun kayak komet .Wuuussss...., hancur deh...tinggal kalian nangis ngeliatin sisa abunya .
Menurut komik 'Bakuman' karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata chapter 4, ada tiga jalan yang harus dilewati untuk menjadi profesional mangaka, yaitu :

1.Percaya diri, Percaya bahwa kalian adalah yang terbaik debandingkan orang lain
2.Bekerja keras
3.Beruntung

Menurut jalan yang ke-3, adalah bahwa kita harus memiliki bakat menggambar sejak lahir . Entah dari keturunan,kelainan,kebiasaan atau takdir . Karena segalanya takkan terlepas dari sang Pencipta .
Lalu ada juga beberapa faktor yang mendorong kalian untuk lebih bersemangat :

-Teman
Tentu teman sangat mendukung . Seperti apabila kita mempunyai beberapa teman yang dapat berbagi berbagai hal tentang Otaku . Selain mungkin kalian dapat bertengkar karena karakter pujaan, atau bisa meminjam komik secara gratis , kalian juga bisa bertanya tentang yang kalian tak mengerti dan teman kalian mengerti .
Dan akan sangat membantu sekali jika teman kalian tersebut juga jago menggambar atau membuat jalan cerita . Kalian dapat bersama-sama menjadi mangaka . Seperti komik 'Bakuman'

-Pacar / Pujaan
Wuiih....ini yang bagian paling so swe-eet . Yang suka pacaran...ayo ngumpul .
Faktor pendorong seperti ini juga bisa ditemukan di komik 'Bakuman' . Ceritanya si Mashiro bersama Takagi yang akan menjadi mangaka terkenal . Lhaa...si Mashiro nyukain Azuki (cewek cantik dikelasnya) . Lalu...was-wes-wos....Mashiro berjanji akan menjadi mangaka terkenal dan menikahi Azuki . Dan... Azuki setuju setelah ia menjadi actor voice untuk manga Mashiro versi anime . Wuaah...sesuatu sekali . Bisa membayangkan kan bagaimana semangat Mashiro .
Jadi, jelas pacar or pujaan is really good factor .Pokoknya 'sesuatu banget' wes...

-Saingan
Nah....yang satu ini faktor dengan efek dahsyat . Kalau mendapatkan seorang saingan di hidup kalian, pasti sangat menjengkelkan .Hingga akhirnya kalian takkan mau kalah . Harga diri dong kalo kalah...
Karena itu,sebaiknya tentukan saingan kalian mulai sekarang . Semakin tinggi, levelnya... kerja keras kalian harus semakin besar . Tulis aja di dahi kalian "SEMANGAT" sebanyak kalian menulis permintaan maaf saat dihukum oleh guru .
Tapi jangan cuma menulis di dahi mentang-mentang dahinya lebar (tidak bermaksud menyindir)... Angkat tangan dan hati kalian "SEMANGAT" . Teriakkan juga "SEMANGAT". Ukir di tembok tetangga kalian "SEMANGAT" .Insyaallah....akan ada lemparan sandal beserta sepatu ke muka kalian .

Yakk...setelah beberapa faktor Pendukung . Kita mulai bahas faktor penghambat . So apa aja sih ? Let's check it out !

-Muaaaleeessss
Wuiih...ada efek penekanannya . Jadi, males alias malas adalah faktor penghambat yang kuberi score 100 . Betapa hebatnya sifat malas itu . Why ? Karena berdasarkan faktaku sendiri, sifat malas selalu numpang lewat kayak iklan di depan mataku . Bahkan nggak bilang permisi, dasar nggak sopan !...but...anehnya, setiap lewat pasti langsung ngehipnotis . Waduh...kaki,kursi,tangan,pensil,kertas,penghapus,doa pengusir setan juga niat-niatnya langsung hilang . ck..ck..ck   Unbelievable...

-Pacar / Pujaan
Selain pendorong, ternyata juga penghambat . Ini berdasarkan pengalaman temen . Waktu asyik-asyiknya menggambar dan berimajinasi...lho...HP bunyi . Mulai deh ada yang gombal dan manja, Idiiih....
Pengganggu bukan ? Pengganggu buanget . Apalagi kalau nyuruh kita berhenti dengan hobi kita ...Waaiiitt !!...Whaat ?! ngga bisa dong... Hobby is Life . You'r  you'r , Mine  mine . Kita punya jalan hidup sendiri . Jadi, pilihlah pacar yang benar . Pacar yang awet,terjamin,nggak bawel,bermutu,bermodal dan bukan second...

-Peralatan yang kurang
Nah...di atas sudah kuceritakan kan ? Peralatan sangat penting, jadi bila peralatan kita kurang, kuranglah hasilnya . Andai tidak ada kertas...dimana menggambarnya ? Andai tidak ada pensil...bagaimana menggambarnya ? Andai tidak ada penghapus...bagaimana memperbaikinya? Andai tidak ada isi pensil... Pensilnya isi apa? Andai tidak ada orangnya...Lho?! siapa yang nggambar ? dan Andai tidak ada apa-apa... tandanya kamu sudah ada di akhirat .

Sepertinya, itu aja...yah...kalau ada lagi nanti bisa ditambahkan, sebagai catatan khusus atau postingan lagi . Thank's for read this....byee....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar