Template by:
Free Blog Templates

Selasa, 27 Desember 2011

Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai

Produksi      : Aniplex, A-1 Pictures
Tanggal Rilis : 15 April 2011 - 24 Juni 2011
Episode       : 11
Genre         : Drama, Slice of Life

Huwaaa......
the best ! the best !!!!

Dari semua anime 2011 , anime ini yang paling wajib sewajib-wajibnya buat ditonton . The best anime season Spring 2011 . Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai . Judul ini yang awalnya membuat saya heran , karena ... beberapa hari lalu saya sempatkan untuk menontonnya sampai episode terakhir . Jangan tanya berapa kali saya terisak dan menangis karena terharu .

Anime yang sering disingkat Ano Hana ini mengacu pada penggambaran watak karakter dan plot cerita yang sungguh luar biasa .

Biasanya saya lebih tertarik pada anime dan manga tipe Shonen , karena kebanyakan anime Shoujo hanya menceritakan tentang yang kita sebut sehari-hari "CINTA'' . Astaga....betapa bosan saya mendengar kata itu . Atau yang sering kita lihat kebanyakan anime hanya menonjolkan keimutan kerakter-karakternya... Tapi jalan ceritanya bisa saya bilang 'GEJE' . ( Maaf...ga mau sebut merek )

Tapi , inilah point terbesar Anime Ano Hana , bukan menceritakan cinta antara dua , tiga atau sekelompok pasangan kekasih....namun mengacu pada persahabatan masa kecil yang hampir hilang .

Setelah mencari-cari informasi seputar judul Ano Hana yang panjang banget itu...inilah hasilnya :

Ano Hi-> that day
Mita -> saw
Hana -> flower
Namae -> the name
Boku Tachi -> we
Mada -> still
Shiranai -> don't know

Jadi , beginilah artinya : "We Still Don't Know The Name of The Flower We Saw That Day"

Awalnya...penulis skrip Ano Hana , Mari Okada mengungkapkan bahwa akan ada komedi kasar erotic dalam ceritanya . Dan akan ada tema hantu juga supernatural bermunculan . Hal ini sangat tidak saya setujui . Untungnya... Direktur Tatsuyugi Nagai dan Desainer Karakter dan Animasi Kepala Direktur Tanaka Masayoshi yang manyatakan bahwa akan ada banyak perubahan plot cerita agar dapat diterima . Unsur ecchi dan supernaturalnya dihapus dan lebih mengedepankan pertemanan . Walaupun si penulis terguncang emosi mengetahui hal itu . Hasil akhirnya , anime ini sangat berbeda dari gambaran penulis sebelumnya .


Ano Hana ini benar-benar berbeda dengan anime-anime pada umumnya . Dengan mengangkat tema "Slice of Life" yang menceritakan suatu peristiwa dalam hidup karakter-karakternya  . Jadi lebih fokus pada drama , bukan action . Tapi seperti yang saya uraikan di atas tadi , drama yang mengacu pada persahabatan . Bukan romance picisan , sehingga anime ini bisa diminati oleh semua kalangan . Juga gaya penceritaannya yang didukung dengan visualisasi dan musik yang sesuai , membuat cerita sederhana ini menjadi sangat indah .

Poppo - Anaru - Menma - Jintan - Tsuruko - Yukiatsu
Seri ini menceritakan persahabatan 6 teman dari masa kecil . Sekelompok anak itu adalah Poppo, Anaru , Menma , Jintan , Tsuruko dan Yukiatsu . Mereka menamai diri mereka "Super Peace Buster" yang bermarkas di sebuah gubuk kecil di kaki gunung . Pemimpinnya adalah Jintan .

Pada suatu hari Jintan membantah perasaan Menma di hadapan teman-temannya ,memanggilnya seorang ''Gadis Jelek'' . Lalu ia berpikir untuk meminta maaf kepada Menma . Tapi , Jintan kehilangan kesempatan untuk meminta maaf , karena keesokan harinya Menma mengalami kecelakaan dan meninggal . Hal itu adalah kesalahan yang sangat membekas pada Jintan . Juga pada teman-temannya yang kehilangan Menma .

Hidup mereka pun berubah sejak saat itu . Mereka mulai menjalani hidupnya masing-masing , hidup baru yang seolah tak pernah melalui masa pertemanan mereka di Super Peace Buster . Persahabatan mereka seolah terlupakan dan tak ingin diingat kembali .

Setelah 5 tahun , kini mereka sudah remaja . Jintan menjadi seorang anti-social dan hanya bermain video game . Poppo menjadi pengembara setelah keluar dari sekolah . Anaru memulai hidup materaialistis dengan menyembunyikan kesedihannya dan mulai ber-make up . Sedangkan Tsukuro dan Yukiatsu menjalani mereka dengan belajar keras setelah masuk ke sekolah elit .


Namun , walaupun sepertinya hidup mereka sudah berubah...mereka masih memendam rasa sakit dari masa lalu .

Hingga suatu hari Menma muncul dihadapan Jintan dan terus mengikutinya . Menma muncul sebagai seorang remaja juga , walaupun dia adalah roh . Menma berkata "Sebenarnya....aku punya keinginan" . Dia mengatakan pada Jin , ada satu keinginannya yang belum terpenuhi , namun ia lupa apakah keinginan itu .


Sekelompok sahabat yang dulunya sangat akrab , kini sangat renggang . Bahkah karena kesibukan mereka masing-masing , mereka semua merasa asing satu sama lain .

Menma terus membuntuti Jintan . Jintan mempercayai Menma hanyalah sebuah ilusi pikirannya sendiri . Tapi  , tidak seperti roh-roh yang ada dalam sinetron-sinetron . Menma dapat berinteraksi dengan benda-benda , bukan seperti roh transparan . Walaupun hanya Jintan yang bisa melihatnya . Para anggota Super Peace Buster yang lain tak bisa melihatnya . Bahkan keluarga Menma juga .

Menma sangat senang kemnali ke kota . Ia melihat dan membandingkan semua perubahan yang terjadi di kota . Namun satu hal yang membuatnya sedih adalah perubahan yang terjadi pada teman-temannya . Ia bahkan aneh menyadari Jintan bukan seperti Jintan yang ia kenal dulu . Juga saat melihat perubahan di rumahnya . Melihat perubahan fisik keluarganya . Ia melihat rambut ayahnya beruban dan juga tinggi kakaknya Satoshi yang berbeda . Ia terkejut akan kemajuan zaman itu . Menma mengetahui bagaimana semua orang telah menganggap Menma lenyap dan tak mau mengingatnya .


Tapi akibat permohonan Menma itu , membuat sahabat-sahabatnya yang kini berjauhan kembali dekat seperti dulu . Jintan berusaha kembali mengingat-ingat permohonan Menma yang terlupakan itu , dan mengajak teman-temannya untuk mengabulkan keinginan Menma itu .

Ini benar-benar anime yang menguras air mata . Apalagi musik Opening dan Endingnya yang sangat mendukung . Benar-benar menyentuh . Jadi jangan dilewatkan !!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar